Home Meja Kerja Mengetahui Gempa dengan Browser Anda

Mengetahui Gempa dengan Browser Anda

1 comment

4_1_5_0_earthquakes_02
Banyak orang yang tidak tahu bahwa hampir setiap hari terjadi gempa di bumi ini, meskipun hampir keseluruhannya dalam skala kecil. Awalnya aku juga tidak bisa percaya bahwa setiap hari gempa di bumi ini. Namun setelah gempa beruntun yang terjadi Indonesia, membuatku berpikir ulang.
Setelah membaca beberapa bahan dari pencarian di Internet, aku baru mengetahui sedikit tentang masalah ini. Bumi ibarat makhluk hidup yang terus bergerak dan mengakibatkan terjadinya pergeseran lempeng. Pergeseran tersebut mengakibatkan pergesekan lempeng sehingga dapat menyebaban terjadinya gempa tektonik atau vulkanik. Bayangkan, setiap hari bisa terjadi 1000 kali gempa yang berskala 2 – 3 magnitude.
Untuk membuktikannya anda bisa mengunjungi situs US Geological Survey untuk mendapatkan informasi tersebut. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan informasi tentang kejadian gempa melalui browser anda. Syaratnya anda harus menggunakan Mozilla Firefox atau Flock sehingga dapat menginstall add-ons eQuake Alert di browser tersebut. eQuake Alert memberikan informasi terkini tentang peristiwa gempa di seluruh dunia. Anda dapat mengatur getaran yang terlihat di browser anda jika terjadi gempa dalam skala tertentu.
Oh iya, sepertinya add-ons eQuake Alert di halaman Mozilla tidak dimutakhirkan lagi sehingga tidak mendukung Mozilla Firefox terbaru. Sebagai alternatif, kunjungi fan page-nya di Facebook untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai versi terbaru.
Teknologi ini bisa digunakan sebagai salah satu alat early warning system bagi masyarakat Indonesia yang hidup di atas wilayah rawan bencana.

1 comment
0

You may also like

1 comment

farhanah 20/10/2009 - 10:50

waaah thx loh botak yang udah ga botak infonya!

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy