Home Meja Kerja Mencoba Senayan Library Management System (SLIMS)

Mencoba Senayan Library Management System (SLIMS)

by syaldi
11 comments

Sudah lama benar aku mendengar tentang satu aplikasi open source pengelolaan perpustakaan yang diberi nama Senayan Library Management System (SLIMS). Sebelumnya, aplikasi ini diberi nama Senayan On-line Publishing Acces Catalog. Kalau tidak salah, sekitar tahun 2007 seorang teman memberikan informasi tentang aplikasi ini ini namun baru dua bulan terakhir ini mencoba sendiri. Sebelumnya, aku sudah mendorong perpustakaan Yayasan Jurnal Perempuan untuk menggunakan aplikasi ini.
Sejak tahun 2001, entah mengapa aku tiba-tiba terlibat dan tertarik pada masalah perpustakaan. Mungkin dikarenakan ketertarikan pada pendokumentasian dan pengelolaan informasi sehingga mendekatkan kepada dunia ini. Terlebih lagi, beberapa teman dalam bekerja punya latar belakang sebagai pustakawan. Jadilah, aku mempelajari sedikit demi sedikit ilmu yang terbilang tidak mudah dan membosankan bagi kebanyakan orang.
Aplikasi perpustakaan yang pertama aku kenal adalah ISIS masih dalam versi DOS yang kemudian dikembangkan menjadi CDS/ISIS. Pertama melihat aplikasi ini, kepala sudah mau pecah karena melihat kerumitannya. Aku hanya berharap ada aplikasi yang lebih mudah sehingga orang awam sekalipun dapat mengoperasikannya. Akhirnya keluarlah Senayan.
Aplikasi ini merupakan aplikasi open source untuk Sistem Manajemen Perpustakaan yang dikembangkan oleh Pusat Informasi dan Humas Depdiknas. Dibangun menggunakan teknologi PHP dan MySQL yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi ini. Untuk lebih lengkapnya, silahkan mengunjungi http://senayan.diknas.go.id/web.
Mencoba Senayan untuk Perpustakaan Pribadi
Aku menggunakan aplikasi untuk kebutuhan perpustakaan pribadiku. Buku yang sudah menumpuk di kamar kerja sudah tak terdata dengan baik, beberapa di antara sudah dipinjam entah oleh siapa. Akibatnya, beberapa buku koleksi yang agak susah kudapatkan hilang begitu saja. Mau tidak mau, aku harus mengelolanya untuk meminimalkan kehilangan tersebut.
Aku kemudian mencoba Senayan 3 stable 10. Tidak butuh waktu terlalu lama; men-setup MAMP (kebetulan saya menggunakan Mac), lalu buat database MySQL server dan eksekusi script-nya. Selanjutnya melakukan instalasi aplikasinya dan selesai. Senayan telah dapat digunakan.
Setelah mencobanya, ada beberapa catatan yang perlu aku sampaikan untuk mereka yang ingin mencoba.

  1. Instalasinya sangat mudah. Jika sudah sering menggunakan aplikasi web, sudah bisa dipastikan anda bisa melakukannya. Terlebih lagi manual yang disediakan oleh pengembangnya cukup lengkap, terutama untuk pengguna dengan sistem operasi linux. Cukup menyediakan Apache dan MySQL server di komputer anda, Senayan sudah dapat digunakan. Jika ada kebutuhan untuk menjadikannya on-line, hanya cukup dengan mengunggah database dari MySQL, anda sudah bisa menggunakannya dalam hitungan jam,
  2. Fitur yang disediakan juga cukup banyak dan tentunya sangat membantu. Untuk pengolahan bibliografi, sudah sangat memadai. Dilengkapi dengan sistem barcode yang akan mempercepat proses pelayanan sirkulasi. Aplikasi ini dapat membantu pustakawan untuk mengetahui berapa member yang terlambat melakukan pengembalian.
  3. Oh iya, ada juga fasilitas untuk mencari katalog buku yang sudah tersedia di Internet. Ini hal yang baru buatku juga. Saat menggunakannya, pengguna tinggal memasukkan kata kunci berdasarkan judul atau nomor ISBN/ISSN. Jika ditemukan, kita tinggal menambahkan ke dalam database kita dengan sekali klik. Begitu cepat dan mudah…
  4. Saat mencoba membuka beberapa halamannya, ternyata masih ada gabungan antara HTML dan PHP. Template halamannya lebih banyak menggunakan HTML sehingga akan mempermudah pengguna untuk melakukan modifikasi.

Aku pribadi sangat menganjurkan organisasi yang memiliki perpustakaan untuk menggunakan aplikasi ini. Dengan aplikasi ini, proses pertukaran informasi, khususnya katalog akan lebih mudah dan terbuka kemungkinan membuat on-line public access catalog (OPAC) bersama dengan organisasi lainnya.

You may also like

11 comments

abiep 01/04/2010 - 10:53

informasinya lengkap sekali, Pak. ini yang saya cari, terima kasih

Reply
anna 06/04/2010 - 11:39

saya sedikit tidak mengerti catatan anda
1. Instalasinya sangat mudah. Jika sudah sering menggunakan aplikasi web, sudah bisa dipastikan anda bisa melakukannya. Terlebih lagi manual yang disediakan oleh pengembangnya cukup lengkap, terutama untuk pengguna dengan sistem operasi linux. Cukup menyediakan Apache dan MySQL server di komputer anda, Senayan sudah dapat digunakan. Jika ada kebutuhan untuk menjadikannya on-line, hanya cukup dengan mengunggah database dari MySQL, anda sudah bisa menggunakannya dalam hitungan jam
pertanyaannya :cara menggugah database dri MySQL nya gmana? bisa dijelaskan step by stepnya? (maklum gaptek banget hehe)

Reply
ranti 29/04/2010 - 09:35

kalau ada info seminar tentang software senayan atau athenaeum light tolong kabari di [email protected]

Reply
M. Yusuf 08/06/2010 - 15:23

info tutorial penggunaannya ada dimana yah?

Reply
Syaldi Sahude 10/06/2010 - 02:28

Untuk mendapatkan manual lengkapnya, silahkan kunjungi laman SLIM di

Reply
Najmudin 09/12/2010 - 12:21

Saya sudah menginstall senayan di perpustakaan SD tempat saya bekerja. tetapi saya menemui kesulitan:
1. saya belum bisa membuat untuk barkod buku. bagaimana caranya?
2. ketika ada angggota perpus yang mau pinjam, karena kode barkode buku belum ada sehingga tidak bisa dipanggil.
Terima kasih sebelumnya

Reply
Syaldi Sahude 19/01/2011 - 05:44

silahkan ke laman SLIMS di http://senayan.diknas.go.id untuk lebih lengkapnya. Aku sendiri belum pernah mencoba fitur tersebut pada perpustakaan pribadiku 🙂

Reply
Haryanto 20/12/2010 - 05:36

adakah tutorial lengkapnya?

Reply
Syaldi Sahude 19/01/2011 - 05:43

silahkan ke laman SLIMS di http://senayan.diknas.go.id

Reply
fina 13/01/2011 - 15:39

Kami sudah mempunyai database winisis. Bisa enggak datanya ditransfer dari isis ke senayan?

Reply
lukman misbahul 17/01/2013 - 08:50

bagaimana caranya untuk mencetak katalog yang ada di program senayan menjadi katalog manual?

Reply

Leave a Comment