Home Meja Kerja Website Hak Asasi Manusia – Bagian 2

Website Hak Asasi Manusia – Bagian 2

by syaldi
2 comments

Situs-sering disebut juga website- adalah salah satu bagian dari dunia maya yang menyediakan berbagai informasi. Situs merupakan kumpulan halaman web, image, video, audio dan media digital lainnya.
Dalam pembahasan sebelumnya, sudah disinggung tentang perkembangan pesat situs HAM, khususnya di Indonesia. Akan tetapi tidak kondisi ini tidak berbanding lurus dengan informasi yang tersedia. Sebagian besar situs tersebut tidak dikelola dengan baik. Dibawah ini terdapat beberapa situs yang dapat dijadikan sumber informasi HAM.
1. Nasional
NGO
Kalyanamitra; sebuah situs yang mempunyai tujuan menjadi pusat informasi dan komunikasi tentang perempuan. Dalam situs ini menyediakan layanan perpustakaan, forum dan berbagai informasi lainnya sekitar permasalahan perempuan.
http://www.kalyanamitra.or.id/
Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI); Sebuah situs LSM yang bertujuan untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat. Situs ini menyediakan berbagai informasi tentang perkembangan wacana hukum dan hak asasi manusia di berbagai wilayah kerja YLBHI. Terdapat beberapa analisa hukum dari beberapa persoalan yang terkait dengan hak asasi manusia.
http://www.ylbhi.or.id
Komisi Tindak Kekerasan dan Orang Hilang (Kontras); sebuah LSM yang bertujuan untuk melakukan pembelaan serta kampanye terhadap tindak kekerasan serta penghilangan paksa di Indonesia. Situs ini menyediakan berbagai informasi tentang kasus tindak kekerasan dan oraqng hilang serta perkembangannya. Selain itu terdapat berbagai informasi tentang perkembangan HAM di Indonesia.
http://www.kontras.org
Imparsial; Sebuah situs LSM yang bertujuan untuk melakukan kegiatan monitoring serta investigasi pelanggaran HAM di Indonesia. Situs mereka menyediakan berbagai Undang-Undang yang terkait dengan HAM dan kumpulan kliping media massa tentang masalah pertahanan dan keamanan.
http://www.imparsial.org/
Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat; Sebuah situs LSM yang bertujuan untuk melakukan penelitian tentang perkembangan HAM, menggagas kebijaksanaan hukum yang melindungi HAM, serta melakukan advokasi pelanggaran HAM. Situs mereka menyediakan berbagai informasi berkaitan dengan Pengadilan HAM Timor-Timur, Konvensi Internasional dan artikel yang membahas tentang permasalahan Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya.
http://www.elsam.or.id
untuk lengkapnya, silahkan lihat ke http://www.sekitarkita.com/link.php
Pemerintah
Departemen Hukum dan HAM; situs ini menyediakan informasi berupa Undang- undang dan berbagai kebijakan yang terkait dengan HAM.
http://www.depkumham.go.id
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia; Situs ini menyediakan informasi berupa laporan tahunan hingga laporan penyelidikan pelanggaran HAm. selai itu, tersedia layanan perpustakaan on- line dan sistem pengaduan on-line.
http://www.komnasham.go.id
Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan; situs ini menyediakan informasi tentang kegiatan Komnas Perempuan. Tersedia pula laporan hasil pemantauan yang dilakukan oleh Komnas Perempuan.
http://www.komnasperempuan.or.id
Komisi Perlindungan Anak Indonesia; situs ini menyediakan berbagai informasi tentang perlindungan anak serta berita yang terkait. Selain itu, tersedia link situs yang terkait dengan perlindungan anak.
http://www.kpai.go.id

  • internasional

UN Bodies

NGO

You may also like

2 comments

David Santos 07/10/2007 - 05:44

Freedom for Birmânia!

Reply
[Bagian I] Penggunaan Internet untuk HAM – House of Question 13/02/2009 - 12:19

[…] [bersambung ke bagian II, situs sumber informasi HAM] […]

Reply

Leave a Comment