Home Kentongan Korban Lapindo Butuh Bantuan…!

Korban Lapindo Butuh Bantuan…!

0 comment

Kesulitan yang menimpa para pengungsi akibat semburan lumpur Lapindo kian hari makin bertambah. Ini adalah bukti konkrit tidak perdulinya pemerintah kita terhadap persoalan bangsa ini. Aku menghimbau agar teman-teman bisa membantu Ibu Jumik yang saat ini tengah terbaring lemah. Bantuan sekecil apapun dapat membantu perjuangan korban lumpur Lapindo dalam merebut keadilan.
Kawan-Kawan,
Ibu Jumik-2.jpgTerlampir adalah foto Ibu Jumik, 50 tahun, salah satu korban Lapindo yang mengungsi di Pasar Baru Porong. Menurut cerita Cak Sutari, 36 tahun, saudara lelakinya, Ibu Jumik tiba-tiba merasa sakit di perutnya pada pertengahan Juni 2008 lalu. Lalu ia dilarikan ke RSUD Sidoarjo. Setelah menginap 2-3 hari, tiba-tiba membesar. Ibu Jumik terus-terus merasa sakit di perut, macam sakit maag akut katanya.
Setelah 2 minggu di rumah sakit, karena tak kuat membiayai dan karena kondisi Ibu Jumik tidak berubah, keluarga Ibu Jumik membawa pulang kembali ke pengungsian Pasar Baru Porong, tepatnya di Blok R2. Cak Sutari dan keluarga akhirnya cuma pasrah. Ibu Jumik ditangani dengan cara-cara tradisional, dipijat setiap 3-4 hari. Mungkin cuma untuk mengurangi rasa sakit saja. Selebihnya tidak ada perhatian yang semestinya.
Ibu Jumik-1.jpgDi catatan USG itu disebut kista. Saya tidak tahu, ini jenis penyakit apa, kista yang macam apa. Yang saya tahu, ini membutuhkan bantuan sesegera mungkin. Saat saya tulis surat ini, Cak Sutari di samping saya menitip pesan untuk memohon bantuan kepada dermawan-dermawati, baik yang di rantai email ini maupun yang di luar sana (SCTV Peduli, Kompas Peduli, dan Peduli-Peduli lainnya). Mohon kawan-kawan yang punya kontak langsung ke Peduli-Peduli itu langsung mem-forward-kan email ini.
Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Cak Sutari 031-77680925 (Flexi).
Ini sekadar satu contoh dari puluhan ribu korban lumpur yang kesehatannya hancur akibat pencemaran udara dan air oleh Lapindo. Sangat dibutuhan langkah bersama yang konkret, betul-betul konkret, soal ini. Kita tidak tahu, ada berapa Jumik di sana. Ada berapa Luluk, ada berapa Sutrisno, yang tewas oleh cemaran gas Lapindo.
Salam,
taba
Mujtaba Hamdi
Posko Bersama Korban Lapindo
Jl Kusuma Bangsa 36 Gedang Porong
0343-851823
www.korbanlapindo.net

0 comment
0

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy