Home Kentongan Cabut HAMAS dari Daftar Organisasi Teroris!

Cabut HAMAS dari Daftar Organisasi Teroris!

by syaldi
0 comment

Pagi ini, aku mendapatkan e-mail dari seorang teman tentang dimasukkannya HAMAS sebagai salah satu organisasi teroris oleh Uni Eropa. Kabar ini cukup mengejutkan (walaupun sebenarnya sudah dapat diduga) karena sebagai kelompok perjuangan pembebasan Palestina, HAMAS bukanlah kelompok teroris.
Walaupun secara pribadi aku tidak setuju dengan metode perjuangan HAMAS karena menggunakan kekerasan, bukan berarti organisasi tersebut dapat dikatakan sebagai sebuah kelompok teroris. Penggunaan kekerasan merupakan reaksi dari tidak didengarnya aspirasi mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Yang harus diketahui adalah HAMAS lahir dari semangat pembebasan Palestina dari aneksasi Israel. Tujuan mereka bukan merebut kekuasaan atau menciptakan ketakutan akan tetapi merebut kemerdekaan mereka yang dirampas oleh Israel dan masyarakat Internasional.
Bisa kita bayangkan dampaknya dari tindakan seperti maka setiap kelompok perlawanan terhadapa status quo bahkan penjajahan akan diberi cap sebagai kelompok teroris. Bagaimana dengan EZLN (Ejército Zapatista de Liberación Nacional) yang memperjuangkan hak masyarakat adat Indian di Meksiko? Bagaimana dengan sayap bersenjata Fretilin, FALINTIL (Forças Armadas da Libertação Nacional de Timor-Leste)yang membebaskan Timor Leste dari aneksasi Indonesia?
Yang harus dipahami adalah kelompok perlawan tersebut muncul sebagai reaksi represi dari penindasan yang dilakukan oleh yang berkuasa. Harus dibedakan antara kelompok pembebasan seperti HAMAS, EZLN, FALINTIL dengan kelompok teroris. Jelas tujuan mereka berbeda! Mungkin metode perjuangannya mirip menggunakan senjata akan tetapi tujuan adalah yang menjadi pembeda!
Jika anda ingin mendukung penghapusan HAMAS sebagai organisasi teroris, anda dapat bergabung dengan petisi yang ada di bawah ini.

On the occasion of the June 2009 European elections, we are launching an urgent appeal to all candidates for the 736 seats in the European parliament.
We ask that they actively pursue the immediate and unconditional removal of Hamas and all other Palestinian liberation organizations from the European list of proscribed terrorist organizations.
We further ask that they acknowledge the right of the Palestinian people to self-determination and, by so doing, recognise, Hamas as a legitimate voice for the Palestinian people’s aspirations for national liberation.

Jika anda setuju dengan petisi di atas, silahkan kopi dan kirimkan petisi ini ke [email protected] untuk memberikan dukungan.  Untuk mengetahui lebih lanjut tentang upaya ini silahkan klik di sini

You may also like

Leave a Comment